Cara Memilih Sunblock Atau Sunscreen Sesuai Kebutuhan


Travelling merupakan salah satu hal yang tentu banyak disukai oleh orang, banyak yang meanfaatkan waktu liburannya untuk berlibur ke tempat tempat yang memiliki pemandangan begitu indahnya. Namun saat pergi liburan tentu kita akan banyak terpapar oleh sinar matahari, dengan begitu juga bisa berdampak tidak baik bagi kulit kita. 

Namun hal itu juga tak akan mengurungkan niat kamu untuk tetap bertravelling, kali ada sebuah produk kecantikan kulit yakni sering disebut dengan Tabir Surya. Tabir Surya inilah yang mesti kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum pergi liburan. Sebab dengan memakai Tabir Surya ini melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari.

Baca Juga : 

Ada begitu banyak produk skincare dari berbagai brand kecantikan, namun sebelum memilih sebuah Tabir Surya kamu harus paham dulu apa itu SPF, Sinar UVA, serta Sinar UVB.

SPF (Sun Protection Factor) merupakan kandungan dalam produk kecantikan yang bisa membantu kulitmu supaya terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung. Biasanya untuk SPF ini sendiri memiliki angka yang berbeda, semakin angka SPF  ini tinggi tentu bisa semakin lama melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Sebagai contoh, saat kamu gunakan Tabir Surya yang memiliki SPF 30, maka 30 × 10 menit = 300 menit. Yang berarti, kulitmu akan terlindungi dari paparan sinar matahari kurang lebih 5 jam-an.

Lantas apasih berbedaan dari sinar UVA dan UVB itu sendiri ?

Sinar UVA merupakan sinar yang bisa membuat penuaan pada kulitmu, sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Mungkin banyak orang yang beranggapan bawasannya sunscreen dan juga sunblock itu sama, namun faktanya kedua produk tersebut berbeda, ingin tau apa perbedaannya, simak berikutnya!

Pada dasarnya Tabir surya dibedakan menjadi dua macam, yakni ada physical sunscreen (sunblock), serta ada pula chemical sunscreen (sunscreen).

Sunblock (Physical Sunscreen)

Physical sunscreen (sunblock) berguna sebagai penghalang sinar UV-A dan UV-B untuk masuk ke dalam kulit. Yang berarti sunblock akan membentuk lapisan di atas permukaan kulit supaya dapat menghalangi masuknya sinar matahari.  Sunblock sendiri memiliki kelebihan yakni proteksinya yang kuat. Ketika kamu menggunakan sunblock tidak perlu menunggu kandungan krim tersebut meresap ke kulit. Perlu diingat juga saat mengaplikasikan sunblock secara berkala sebab proteksinya tak bisa hingga seharian.

Sunscreen (Chemical Sunscreen)

chemical sunscreen (sunscreenberguna sebagai filterisasi dan penyerapan sinar UV-A yang nantinya akan diubah menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Untuk tekstur dari Sunscreen sendiri begitu ringan dengan anjuran penggunaannya yakni 20 – 30 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan, supaya kandungan sun protectornya bisa terserap sempurna Ketika membentuk lapisan di bawah jaringan kulit kamu. Perlu diingat juga bawasannya Sunscreen kurang cocok jika kamu gunakan untuk pelindung kulit  saat berjemur atau berenang.

Cara Memilih Sunblock Atau Sunscreen

Jika sudah paham apa itu sunscreen dan sunblock, berikut ada beberapa tips memilih Sunblock Atau Sunscreen sesuai kebutuhanmu!

Kenali Cara Kerja Pelindung SPF dan PA

Tips pertama yakni kenali dulu kadar SPF dan PA yang pada kemasannya. SPF (sun protector formula) merupakan kandungan zat pelindung kulit dari sinar UV-B, yang berarti “B” Burning dan sinar UV-A yang berarti “A” Aging. Sementara untuk PA (Protection Grade of UVA) adalah pelindung kulit dari sinar UVA, yang biasanya disimbolkan dengan tanda plus (+) ada yang PA+ hingga yang paling tinggi PA++++. Namun jika di Indonesia PA+++ udah mampu melindungi kulit kamu.

Kenali Kandungan Pada Tabir Surya

Tips kedua kenali dulu kandungan zat yang ada pada Sunblock Atau Sunscreen yang ingin kamu pilih. Umumnya kandungan zat yang ada pada tabir surya ada Ecamsule (menghalau sinar UV-A dan UV-B dengan baik, yang cocok dipakai untuk berenang), Avobenzone (memproteksi kulit dari sinar matahari), Benzophenone dipadukan bersama dioxybenzone serta oxybenzone (menyerap sinar uv-a dan uv-b sekaligus mengubahnya dan memproteksi kulit terhadap sengatan kuat), Titanium dioxide dan zinc oxide (memantulkan sinar UV yang mengenai kulit)

Jika kamu ingin mencari tabir surya yang memiliki perlindungan ganda dari sinar UV-A dan UV-B, kamu bisa pilih yang  multi-spektrum. Biasanya pada kemasannya terdapat “broad-spectrum”, “multi-spectrum”, atau “UVA/UVB protection”. Tabir surya ini bisa sinar UV-A dan juga UV-B serta bisa sekaligus memberikan perlindungan di lapisan kulit dalam juga.

Pilih Tabir Surya Sesuai Kondisi Kulit

Tipe berikutnya yakni pilih tabir surya yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Macam macam tekstur dari tabir surya ini ada yang berbentuk krim atau losion yang cocok untuk kulit kering, gel atau oil-free cocok untuk kulit berminyak, serta cair atau gel untuk kulit sensitive.

Tabir Surya Untuk Berjemur atau Berenang

Jika kamu sedang berlibur ke pantai sebaiknya pilih tabir surya yang tahan air, supaya kulitmu tidak terlihat begitu kusam. Tabir surya yang kamu butuhkan yakni yang memiliki tingkatan SPF 50+ atau PA++++ (PA tertinggi).

Memang Tabir surya ini banyak yang menganggapnya sepele, namun sebenarnya cukup dibutuhkan kulit Ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Apalagi untuk kamu yang suka travelling tentu tabir surya menjadi barang yang pasti akan kamu perlukan banget.

Kamu bisa coba beberapa tips diatas, yang mau share pengalaman tinggalkan jejakmu di kolom komentar yaa. Semoga Membantu 😊😊😊 

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar