Solusi Berzakat Di Masa Pandemi Melalui Sinergi Foundation

Solusi Berzakat Di Masa Pandemi Melalui Sinergi Foundation - Masa Pandemi covid’19 telah berlangsung selama 1 tahun, tentu dengan adanya pandemi ini terdapat sisi negatif dan sisi positif yang bisa kita petik hikmahnya. Terhitung dari awal maret 2020 hingga saat ini semua orang bekerja serta beraktiitas di dalam rumah. Bertemu dengan orang pun juga dibatasi. Tak terasa pandemi udah masuk ke dalam bulan ramadhan 2021, ada banyak sekali hal yang tak bisa dilakukan seperti ramadhan tahun tahun lalu. Namun tak apa semua sudah terjadi, meski masih dalam masa pandemi namun ibadah kita harus tetap terlaksana yaa supaya banyak pahala yang kita dapat di bulan ramadhan ini.

Sebagai penyempurna puasa bulan ramadhan sebagai orang muslim kita harus menunaikan zakat fitrah. Zakat fitrah ini sendiri merupakan zakat yang dikeluarkan oleh umat muslim yang merdeka, di mana zakat ini boleh dikeluarkan di satu atau dua hari sebelum  hari raya idul fitri.

Hukum Zakat Fitrah

Zakat fitrah hukumnya wajib/harus dikerjakan untuk tiap muslim yang merdeka atau mampu. Untuk zakat fitrah yang wajib untuk dikeluarkan sebesar 2,5 kg beras, gandum, kurma, sagu, dan lain-lain atau bisa disamakan dengan makanan yang dikonsumsi manusia di setiap harinya. Atau ada juga yang bayar zakat dalam bentuk uang yang mana uangnya sejumlah harga jual 2,5 kg beras tadi.

Cara Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah bisa melalui lembaga Amil Zakat paling dipercaya dan dikeluarkan sebelum waktunya sholat idul fitri. Itulah yang membedakan antara zakat fitrah dengan sedekah-sedekah yang lain. Seperti tertera pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi :

"Barangsiapa yang menjalankan zakat fitri saat sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menjalankannya sesudah shalat Id maka cuman dianggap sebagai sedekah di antara bermacam sedekah." (HR. Abu Daud).

"Waktu Pembayaran Zakat Fitrah"

Saat ini berzakat tak hanya bisa secara offline aja melainkan anda juga bisa zakat online. Salah satu lembaga zakat online yakni ada Sinergi Foundation, melalui Sinergi Foundation ini bisa menjadi solusi bagi semua umat muslim untuk berzakat di masa pandemi ini. Sinergi Foundation ini juga telah mengantongi penghargaan Fundraising Wakaf Produktif Terbaik melalui acara penghargaan Indonesia Fundraising Award 2020.

Apa itu Sinergi Foundation?

Dari Sinergi Foundation ini juga terdapat program donasi yang mana ada program zakat, program wakaf dan juga infak sedekah. Dari program donasi ini akan disalurkan kepada saudara saudara kita yang membutuhkan.

program donasi di Sinergi Foundation

1. Program Zakat

Pada Sinergi Foundation ini terdapat program zakat yang mana pada progrm ini ada 3 macam yakni :

  • Zakat Penghasilan
  • Zakat Fitrah
  • Zakat Maal
Dari ketiga zakat ini tentu terdapat perbedaannya,

Zakat fitrah ialah zakat wajib dikerjakan untuk seorang umat muslim yang sudah mempunyai kemampuan untuk menjalankannya. Zakat fitrah ini dikeluarkan sekali satu tahun yakni tepatnya di bulan ramadhan mendekati idul fitri.

Zakat penghasilan atau yang juga dikenal sebagai zakat profesi ini harus dikeluarkan atas harta berasal dari penghasilan / pendapatan teratur dari pekerjaan yang mematuhi syariah. Nishab zakat pendapatan sejumlah 85 gr emas /tahun. Persentase zakat pendapatan sebesar 2,5%.

Zakat maal (harta) ialah zakat pendapatan seperti hasil pertanian, hasil pertambangan, hasil laut, hasil perniagaan, hasil ternak, harta penemuan, emas dan perak. Masing-masing tipe pendapatan mempunyai perhitungannya sendiri.

2. Program Wakaf

Wakaf adalah suatu perbuatan yang dilakukan untuk menyerahkan sebagian harta atau aset milik pribadi untuk keperluan ibadah atau kesejateraan umum dalam jangka waktu tertentu atau bisa juga selamanya. Salah satu bentuk wakaf yang sering kita dengan yakni wakaf tanah, bukan hanya tanah aja ya melainkan segala bentuk harta yang kita miliki untuk keperluan ibadah atau kesejateraan umum.

Berdasarkan waktunya wakaf sendiri terdapat dua macam yakni ada muabbad (diberikan untuk selamanya) dan mu’aqqot (diberikan jangka waktu tertentu). Harta yang diwakafkan harus memenuhi syarat diantaranya :

  • Benda yang diwakafkan harus berharga atau bernilai.
  • Benda tersebut adalah milik pewakaf sepenuhnya.
  • Benda yang diwakafkan harus diketahui kadarnya.
  • Benda tersebut dapat dipindahkan kepemilikannya dan dibenarkan untuk diwakafkan. 

3. Program Infaq & Sedekah Umum

Infaq atau kita kenalnya dengan sebutan sumbangan ini juga bisa kita lakukan melalui lembaga Sinergi Foundation ini. Infaq tak harus melalui lembaga tertentu namun infaq bisa dilakukan kepada keluarga, kerabat, anak yatim, orang miskin yang berada di sekitaran kita.

Dari program program yang dibuat ileh lembaga Sinergi Foundation sangat amanah, nantinya hasil dari program tersebut akan disalurkan kepada saudara kita yang benar benar membutuhkan dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

Bersedekah tidak harus menunggu kita kaya dahulu melainkan sedekah bisa dilakukan mulai sekarang , selama kita mampu sedekah bisa dilakukan. Sedekah juga tidak melulu soal harta saja melainkan sedekah terdapat banyak macamnya bisa sedekah ilmu, sedekah tenaga dan lain sebagainya. 

Info Lengkap Sinergi Foundation


Lalu bagaimana cara zakat/wakaf/infaq di Sinergi Foundation?

Untuk anda yang mau berencana zakat/wakaf/infaq di Sinergi Foundation cukup mudah caranya. Tak perlu susah susah menuju ke alamat yang tertera, dari rumah aja sambil duduk duduk santai anda udah bisa zakat/wakaf/infaq.

Berikut ini contoh panduan membayar zakat fitrah online melalui Sinergi Foundation :

1. Buka situs Sinergi Foundation di sinergifoundation.org


2. Pilih menu "Program" di bagian atas halaman web, dari menu program itu terdapat beberapa opsi lagi dan anda bisa meng-klik pilihan "zakat" selanjutnya pilih zakat fitrah.


3. Setelah meng-klik menu tadi anda akan ditampilkan menu berikut ini. Selanjutnya anda tinggal memilih jumlah zakat yang ingin ditunaikan. Contohnya ini 3 Kg beras seharga Rp. 12.500 dengan total Rp. 37.500. Anda bisa mengubah pilihan sesuai dengan yang anda inginkan dengan cara mengklik tanda lingkarannya. Jika pilihan yang anda inginkan tidak ada bisa langsung masukkan jumlah nominalnya pada tabel yang sudah disediakan. Dan setelah itu pilih tombol Tunaikan Zakat.


4. Berikutnya anda akan dialihkan ke tahapan selanjutnya, yakni pengisian kelengkapan data seperti nama, email dan sebagainya.


Masih dalam menu ini anda juga harus perhatikan metode pembayaran yang ingin digunakan. Perlu diingat : Sebelum membayar baca niat dalam hati dulu yaa, sebelum mengklik tombol pembayaran.
Untuk metode pembayaran yang bisa digunakan ada Bank Mandiri, Bank Mandiri SyariahBSM, GoPay / ShopeePay, Transfer BCA, Transfer BNI, Transfer BNI Syariah, DANA, Jenius, LinkAja, OVO. 
Selanjutnya pilih lanjut ke pembayaran dan selesai. Anda berhasil menunaikan zakat..

Mudah bukan cara membayar zakat di Sinergi Foundation, namun jangan lupa ketika membayar zakat baca juga niatnya yaa..

Bacaan Niat Zakat Fitrah

Gimana udah tau belum niat dalam berzakat fitrah, kalau belum tahu mari belajar baca niat berikut ini :

Bacaan niat tersebut merupakan niat zakat fitri untuk diri sendiri.

Lantas jika ingin berzakat untuk istri/orang lain bagaimana niatnya?

Zakat fitri buat istri begini niatya:


Zakat fitri buat orang lain begini niatya:


menurut mazhab Syafi’i, disunahkan bagi amil ketika menerima pemberian zakat untuk berdoa :

Sekian dulu informasi seputar zakat kali ini, mudah-mudahan amal ibadah yang sudah kita lakukan dibulan ramadhan ini ditermia oleh Allah Swt. Tetap semangat kawan puasanya, happy enjoyy...

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar