Ayo Generasi Milenial Lestarikan Budaya Batik Dan Bangga Kenakan Produk Lokal

Mendengar kata “Generasi Milenial” tentu merupakan hal yang nggak asing lagi bukan ditelinga kita. Banyak juga yang mengartikan jika generasi milenial itu artinya anak jaman sekarang/kids jaman now. Memang udah benar sih artinya, namun lebih tepatnya Generasi Milenial itu merupakan generasi yang tumbuh di era yang telah mahir menggunakan media social. 

sumber lpmpjabar.go.id

Karena tumbuh di era yang udah canggih akan teknologi, banyak juga masayarakat yang beranggapan jika generasi milenial ini pemalas sebab sering banget menghabiskan waktunya hanya dengan bermain-main ponsel aja. Namun sebenarnya Generasi Milenial ini cukup hebat lhoo sebab memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan rasa kepercaya dirian yang tinggi pula.

Sebagai generasi milenial yang cerdas tentu kita harus pandai dalam memfilter dampak negative dan positif dari teknologi saat ini. Boleh menggunakan teknologi namun juga harus mengerti akan waktu, mengerti akan waktunya belajar, beribadah ataupun makan. Kan banyak tuh anak jaman sekarang yang melupakan segalanya demi bermain smartphone, jadi alangkah baiknya jika bisa membagi waktu dan pandai dalam memfilter dampak negative dan positif dari teknologi saat ini.

Source : play.google.com

Meskipun kita hidup di era yang udah canggih saat ini namun sebagai generasi milenial juga tak boleh melupakan budaya yang dimiliki. Contohnya aja ada budaya batik, Batik merupakan sebuah karya seni yang wajib untuk dilestarikan, supaya generasi generasi berikutnya juga bisa menikmati karya seni tersebut.

Ada begitu banyak motif dari batik, yang mana pada motif tersebut tentunya mengandung penuh makna dan filosofi dari berbagai adat istiadat yang berkembang di Negara Indonesia tercinta ini. Terlahirnya motif motif pada batik ini tentunya ada beberapa factor yang mempengaruhi seperti letak geografis, keadaan alam sekitar serta kepercayaan ada suatu daerah. Dari beberapa factor tersebut lahirlah sebuah motif yang cantik dan penuh akan makna. Di jaman sekarang batik juga tersedia dalam bentuk baju, tas, aksesoris dan sebagainya.

Jadi hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam melestarikan budaya batik ini yakni dengan menggunakan produk batik tersebut, sehingga batik bisa tetap ada dan dikenal oleh banyak orang.

Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional, yang mana tepat pada hari tersebut untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi -Source Wikipedia-

source dana.id

Bukan hanya melestarikan budaya batik aja, sebagai generasi milenial kita juga harus bangga akan produk lokal.

Mengapa Sih Kita Harus Bangga Menggunakan Produk Lokal?

Ada 2 point penting mengapa kita harus bangga dengan menggunakan produk lokal, diantaranya :

  • Membuat Produk Lokal Semakin Dikenal

Point pertama, dengan kita bangga menggunakan produk lokal kita ikut serta dalam mendukung produk buatan dalam negeri untuk bisa dikenal banyak orang. Dengan demikian produk dalam negri bisa berkembang lebih maju dan dapat mengharumkan nama Indonesia.

  • Dapat Menambah Lapangan Pekerjaan

Point Kedua, bisa menambah peluang lapangan pekerjaan. Kob bisa? Iya bisa , Dengan makin meningkatnya permintaan produk lokal maka para pengusaha dalam negeri akan memerlukan tambahan tenaga kerja dalam menyelesaikan permintaan produk tersebut. Dengan begitu akan banyak lapangan pekerjaan yang dibuka dan dapan pula mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Bagaimana Cara Mencintai Produk Lokal?

Mudah banget caranya, yakni kalian tinggal Mengajak teman ataupun kerabat untuk menggunakan produk – produk lokal. Mengingat saat ini untuk mendapatkan produk lokal juga sangat mudah banget, bisa beli di social media ataupun marketplace yang ada kalian udah dengan gampangnya punya produk produk lokal tersebut.

Kalo aku pribadi biasanya tahu akan suatu produk lokal itu dari media social seperti TikTok dan Instagram. Kan banyak tuh para pengguna sosmed yang mengshare mengenai produk lokal seperti baju, tas, sepatu serta lain sebagainya. Dan dari situ mulailah muncul rasa untuk memiliki produk tersebut. Selain teracuni dari sosmed biasanya juga tahu akan suatu produk lokal itu dari marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Yang paling aku sukai Ketika berbelanja di marketplace itu yakni metode pembayarannya yang banyak dan memudahkan. Seperti contohnya pembayaran yang paling membantu yakni melalui Indomaret dengan begitu meski kita nggak punya ATM masih bisa tetap berbelanja.

Jika Nggak Tahu/Takut Berbelanja Online, Bagaimana Caranya Supaya Bisa Ikut Serta Dalam Mencintai Produk Lokal?

Memang kita hidup di era Generasi Milenial, namun nggak semua orang juga tahu akan berbelanja online. Buat kalian yang nggak tahu cara berbelanja online atau mungkin takut kena tipu saat belanja online bisa kok tetap ikut serta dalam mencintai produk lokal yakni caranya bisa beli di toko toko terdekat seperti Indomaret misalnya.

Sebab nggak semua produk lokal itu dijual di online ya namun juga banyak kok produk produk lokal yang dijual di tempat offline seperti Indomaret. Jadi dengan begitu semakin memudahkan kita semua untuk tetap mencintai produk lokal.

Ngomong-ngomong tentang Indomaret nih, kali ini pihak Indomaret juga telah berinovasi. Buat kalian semua yang mungkin mager tapi tetap ingin berbelanja, saat ini udah ada yang Namanya Aplikasi Klik Indomaret.

source blog.klikindomaret.com

Bukan hanya aplikasi aja, namun kalian juga bisa mengunjungi website blogklikindomaret.com yang mana di web ini kalian bisa mendapatkan Info Terupdate, Promo Indomaret, dan kalian juga bisa tahu akan event event yang sedang diadakan oleh pihak Indomaret.

Seperti contohnya aja nih ada event Blog Competition, jika kalian berminat bisa klik https://blog.klikindomaret.com/sambut-hari-batik-yuk-ikutan-blog-competition-klik-indomaret/


Reactions

Posting Komentar

0 Komentar