Mengenal Dunia Bisnis Bersama Fortune Indonesia

Di era milenial seperti ini belajar bisnis sangatlah direkomendasikan, sebab dengan belajar bisnis bisa membantu menambah penghasilan. Tentu kita semua ingin keuangan yang sehat dan hidup makmur bersama keluarga tercinta bukan? jadi salah satu cara efektif untuk bisa sampai pada tujuan tersebut ya bisa dimulai dengan belajar berbisnis. Untuk belajar berbisnis juga diperlukan referensi yang akurat sebagai bekal kita berbisnis. Contohnya aja dari Majalah Fortune Indonesia, dari majalah ini bisa membantu menambah pengetahuan seputar bisnis yang mau kita terjuni. Untuk bisa mendapatkan Majalah ini cukup mudah, yakni kalian bisa mendapatkannya melalui Tokopedia, Toko Buku Gramedia, dan e-Magazine di Gramedia Digital.

Selain majalah Fortune Indonesia juga memiliki website reminya juga, yang mana website tersebut menyajikan berita terbaru seputar analisis, pergerakan dan prediksi saham, bisnis, pasar modal, perbankan, investasi serta reksadana hari ini. Kalo kalian belum tahu websitenya, bisa lihat gambar berikut ini!

Dalam website ini kalian bisa mendapatkan berita terupdate setiap hari dengan kategori Market, Bussines, Finance, News, Tech dan sebagainya.

Apa aja sih perbedaan dari masing-masing kategori ini? Berikut penjelasannya!

FINANCE

Memanajemen keuangan sangatlah penting ketika sudah terjun dalam dunia bisnis, supaya ekonomi dalam bisnis yang sudah dibangun tetap lancar dan terus berkembang. Itulah mengapa dalam sebuah bisnis penting banget untuk memahami manajemen keuangan dulu.

Kategori berita FINANCE pada fortuneidn ini bisa membantu kalian untuk mudah mendapatkan berita seputar mengatur keuangan. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan berita seputar Ekonomi, Kebijakan BI, Pajak, Perbankan dan Asuransi. Adanya berita seperti ini tentu sangat menguntungkan bagi para investor dalam berbisnis, sebab berita berita FINANCE ini bisa membantu mereka untuk terus update tentang berita Kebijakan BI, Pajak, Perbankan dan Asuransi.

MARKET

Target pasar menjadi hal yang perlu diketahu oleh seorang pebisnis, dengan dipahaminya target pasar ini ini bisa membantu pelaku usaha untuk bisa menyesuaikan minat dan juga harga produk yang dicari oleh para konsumen. Jika dalam berbisnis tanpa menggunakan target pasar maka akan membuat kalian sulit bertahan di pasaran. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk selalu update berita berita mengenai perkembangan pasar dunia bisnis.

Kategori berita MARKET pada fortuneidn ini bisa bantu kalian mendapatkan berita seputar perkembangan pasar bisnis dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Kita juga mudah untuk mendapat berita mengenai naik turunnya saham paling terbaru dan berita mengenai tren pasaran yang sedang berlangsung supaya para pelanggan tetap setia dengan kita. Tentunya kalian tak mau bukan jika bisnis yang sudah dibangun terlihat kuno dan ketinggalan jaman?

BUSSINES

Sikap mental yang mesti dimiliki oleh seorang pebisnis adalah cerdas dan senantiasai memiliki inovasi terbaru untuk bisnisnya, oleh karena itu penting bagi pelaku usaha untuk menambah dan memperkaya ilmu pengetahuannya.

Di Kategori BUSSINES pada fortuneidn ini kalian bisa mendapatkan berita seputar inovasi bisnis yang sedang melambung dan berita seputar perkembangan bisnis lainnya.

NEWS

Pada fortuneidn ini juga terdapat satu kategori yang khusus memberikan berita terbaru seputar berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional. Kategori tersebut ada NEWS yang mana cocok buat kalian semua yang ingin tetap update tentang berita yang sedang hangat diperbincangkan bisa.

TECH

Tak bisa dipungkiri memang jika teknologi yang sedang berkembang pada saat ini sudah semakin canggih. Sebagai seorang pebisnis kita juga harus selalu update nih berita berita seputar teknologi, supaya bisnis yang kita bangun idak ketinggalan jaman. Dengan adanya teknologi yang sudah canggih ini tentu diharapan bisa membantu meningkatkan kwalitas dan kwantitas sebuah bisnis.

Pada kategori TECH di fortuneidn ini ada banyak berita terupdate seputar gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru lainnya yang pas banget buat para pebisnis untuk selalu update tentang teknologi canggih paling terbaru.

SHARIA

Pada fortuneidn ini juga terdapat berita tentang finansial dari sudut pandang syariah, yakni ada di kategori SHRIA. Pada kategori ini Kalian bisa mendapatkan berita seputar Berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah.

LUXURY

Jika kalian ingin selalu update berita kemewahan di dunia ini, kalian wajib mampir ke kategori LUXURY. Sebab di kategori ini kalian bisa mendapat berita mengenai barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner yang ada di seluruh dunia.

Pelajaran Hidup Tentang Keuangan Yang Bisa Diambil Dari Film Squid Game Versi Fortuneidn

(sumber: suara.com)

Akhir-akhir ini, ketika aku scroll social media terutama di TikTok pasti sedang ramai memperbincangkan sebuah film yang berjudul “Squid Game”. Film ini mendadak viral karena boneka raksasanya yang bisa dibilang mematikan, hahahaa… Bukan hanya boneka raksasa berbentuk anak kecilnya aja yang lagi viral, namun banyak juga warga TikTok yang ramai memparodikan adegan pura pura tertembak dengan menggunakan backsound dari film ini.

Film Squid Game menceritakan tentang perjuangan hidup ratusan orang yang sedang terlilit hutang dalam mengikuti sebuah permaianan berhadiah uang tunai senilai 45,6 miliar won. Untuk bisa memenangkan sebuah permainan ini para peserta mesti mengikuti beberapa permainan tradisional yang sudah disiapkan.

Dalam Film Squad Game sendiri ada beberapa pelajaran kehidupan yang ngena banget lho bagi penontonnya, seolah olah dalam film tersebut berpesan kepada penontonya untuk belajar berbisnis dan pandai dalam mengelola uang supaya tidak terjerat dalam hutang.

Melansir dari Fortune Indonesia, Jika Film “Squid Game” ini ternyata memiliki 8 Pelajaran Finansial yang bisa kita ambil hikmahnya lhooo, penasaran apa aja yuk langsung simak berikut ini!

Asuransi Itu Penting

(sumber: qazwa.id)

Pada Squid Game ada satu scene film yang menceritakan tentang seorang Ibu Gi Hun yang sedang dirawat di rumah sakit karena mengidap diabetes. Akan tetapi Ibu Gi Hun mendesak untuk minta pulang, karena beliau tidak memiliki uang untuk membiayai tagihan rumah sakit. Di Scene film selanjutnya Peserta nomor 456 ini juga mengatakan, jika asuransi dapat menanggung biaya rumah sakit. Namun mengingat ibunya yang tidak bisa membayar iuran asuransi secara teratur.

Dan dari situlah, udah bisa dipahami jika memiliki sebuah asuransi itu penting. Pada dasarnya, ada juga beberapa manfaat yang membuat asuransi itu penting untuk dimiliki, seperti :

  • Asuransi Bisa Menjadi Investasi Masa Tua
  • Mengajak Kita Untuk Rajin Menabung
  • Sebagai Perlindungan Diri dan Keluarga

Jadi pada intinya, jika kita memiliki sebuah asuransi maka asuransi akan memproteksi kita dan keluarga dari kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan, sakit keras, ataupun musibak lainnya. Namun jangan lupa juga untuk rutin membayarkan iuran asuransinya juga yaa!

Don’t Put Eggs In One Basket

(sumber: balipost.com)

Dalam film Squid Game ada satu scene film dimana Sang Woo, teman Gi Hun yang juga merupakan peserta Squid Game berkata, “Don’t Put Your Eggs In One Basket”. Kalimat “Don’t Put Your Eggs In One Basket” ini merupakan sebuah pepatah yang sudah umum didengar pada dunia investasi. Pepatah ini memiliki makna yakni, kita tidak disarankan untuk berinvestasi pada satu produk investasi aja, melainkan kita mesti berinvestasi di beberapa produk lainnya supaya jika salah satu produk yang kita investasi mengalami kebangkrutan kita masih memiliki beberapa investasi lainnya, jadi kurang lebih begitulah makna “Don’t Put Your Eggs In One Basket”.

Berinvestasi bisa dibilang cukup penting untuk dilakukan, sebab salah satu tujuan dari investasi yakni bisa mengembangkan aset yang dimiliki dan bisa mencapai kebebasan finansial. Yang mana harapannya bisa membantu kita untuk tak lagi bekerja keras cari uang karena kita telah memiliki bekal yang cukup untuk menghidupi kita di masa mendatang. Perlu diingat, sebelum memulai untuk berinvestasi penting bagi kita untuk tahu seluk beluk dari produk yang ingin kita beri investasi, supaya kita tidak masuk dalam invetasi bodong. “Aset yang dimiliki bukannya ngembang eh malah menyusut”, jadi hati-hati yaaa!

Bijak Berutang, Waspadai Rentenir

(sumber: islamituindah.info)

Yang menjadi kekacauan utama pada Film Squid Game ini yakni karena “HUTANG”. Bukan hanya orang awam aja yang terjebak dalam hutang namun orang yang sudah berpendidikan tinggipun juga bisa terjebak dengan hutang. Karena pada dasarnya hutang itu sangat sangat bikin kecanduan, Siapa aja yang masuk dalam hutang pasti akan ketagihan, canda hutang, hahahaa..

Contoh singkatnya aja nih, waktu kita berbelanja entah di mall atau di marketplace pasti akan banyak orang yang menggunakan kartu kredit atau sistem pay later. Memang diawal terasa menyenangkan, namun kelamaan kita terbuai dan akhirnya membuat tagihan membengkak dan jadilah sebuah hutang yang menumpuk.

Biasanya juga sudah begini, kebanyakan orang akan terjun ke situs pinjol atau pinjaman online. “Coba pinjol satu kali eh kok mudah yaa”. Akhirnya cobalah beralih ke situs pinjol lainnya hanya untuk melunasi situs pinjol yang awal begitu seterusnya hingga terjadilah aktivitas “Gali lubang Tutup Lubang”. Iya kalo lubangnya tertutup secara sempurna kalo tidak apa gak malah membuat kita terjatuh kedalamnya?

Memang sih semua orang tidak bisa menghindari yang namannya pinjam-meminjam uang atau hutang, namun alangkah baiknya jika menggunakan sebuah pinjaman uang (hutang) itu secara bijaksana dan digunakan sesuai kebutuhan juga, supaya tidak membuat diri kita makin terbebani.

Awas Jebakan Keinginan Sesaat

(sumber: dictio.id)

Diceritakan juga pada Film Squid Game jika ada satu tokoh yang udah kecanduan dengan judi, yakni ada Gi Hun. Gi Hun percaya jika dengan judi bisa menjadi jalan pintas bagi dirinya untuk bisa keluar dari masalah keuangan, namun apa yang terjadi judi malah membuat masalah baru timbul yang pada akhirnya  membuat kita kehilangan segalanya.

Selain Judi, jebakan keinginan sesaat lainnya bisa berawal dari rasa gengsi dalam diri kita. Hanya karena ingin bisa terlihat mengagumkan dimata orang lain membuat kita terlena dan menghalalkan segala cara untuk memuaskan nafsu belaka saja.

Keserakahan Adalah Jalan Menuju Kegagalan Hidup

(sumber: lagaligopos.com)

Banyak diperlihatkan juga jika di film Squid Game ini para pesertanya saling membunuh hanya untuk menambah nominal uang yang didapat. Dari adegan ini udah bisa kita tarik kesimpulan jika sebuah keserakahan itu bisa membuat kita menjadi brutal dan tak takut lagi dengan tindakan kriminal.

Sebagai seorang manusia tentu mengenal kata ‘cukup’ harus ditanamkan sedari dini supaya kita bisa senantiasa merasa cukup dengan rezeki yang sudah ditentukan oleh Sang Pencipta.

Keuangan Yang Sehat Tak Diraih Dalam Semalam

(sumber: pekanbaru.go.id)

Semua orang pasti ingin keuangannya sehat dan hidup makmur bersama keluarga tercinta. Namun perlu diingat untuk bisa sampai di puncak tersebut tak bisa diraih hanya dalam hitungan jam atau semalamam namun butuh waktu yang cukup untuk bisa menuju puncak tersebut.

Selama proses perjalanan itulah yang nanti bisa menguatkan kita untuk bisa kuat berada di puncak tersebut. Perlu diingat juga selama menempuh perjalanan menuju puncak kesuksesan harus dibarengi dengan do’a dan usaha yang maksimal. Karena sukses itu tak datang terlalu cepat atau terlalu lambat melainkan kesuksesan akan datang di waktu yang tepat.

Bersyukur Dengan Hasil Yang Sudah Dicapai

(sumber: greatmind.id)

Akhir cerita dari sebuah permainan yang ada pada Film Squid Game ini, ternyata sang tokoh utama Seong Gi-Hun berhasil memenangkan permainan pada film Squid Game dan memperoleh uang 45,6 juta won. Setelah berhasil memenangkan permainan ini, Gi Hun tersadarkan oleh perkataan kakek Oh Il Nam (pemodal di balik layar) yang membuatnya kembali pada tujuan awal mengikuti permainan yang mematikan ini yaitu Gi Hun ingin membahagiakan putri semata wayangnya.

Dan dari sinilah ada pelajaran yang bisa kita ambil yakni kita berhak menikmati hasil yang sudah kita capai dan jangan lupa untuk tetap bersyukur atas pencapaian tersebut. Nikmati hasil pencapaian tersebut untuk membahagiakan diri sendiri dan orang orang disekitar yang kita sayangi.

“That money was the reward you got for your luck and hard work. You have the right to use it,” Uang itu adalah hadiah yang Anda dapatkan untuk keberuntungan dan kerja keras Anda. Anda berhak untuk menggunakannya, ucap Oh Il Nam di episode penutup film Squid Game ini.

Uang Bukan Segalanya

Dari sebuah film ini kita dapat melihat jika seorang Oh Il Nam yang sangat kaya raya, tak menjamin akan membuat dirinya merasa bahagia malahan dia selalu didera kesepian di akhir hidupnya. Seolah olah keadaan seperti ini mengatakan, memang uang bisa mendatangkan sebuah kebahagiaan , tapi apabila tidak bahagia maka memiliki uang banyak pun juga tidak ada gunanya.

Meskipun uang merupakan alat pengontrol hidup, faktanya uang belum tentu bisa menjamin kebahagiaan hidup kita. Memang sih uang dapat membeli kesenangan, namun tidak dengan sebuah kebahagiaan.

Demikian beberapa pelajaran finansial yang bisa kita petik dari 9 episode Squid Game yang lagi viral ini versi Fortuneidn.

Oh yaa guys buat kalian semua yang suka dengan menulis, kali ini Fortune Indonesia tengah mengadakan Blog Contest lhhoo. Buat kalian yang tertarik untuk mengikutinya bisa klik link berikut ini, Terima kasihh…

https://www.fortuneidn.com/news/bonardo/blog-review-competition-buat-1-artikel-raih-hadiah-jutaan-rupiah

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar